Sabtu, 17 Oktober 2015

7 Hal Menarik Seputar Es Krim yang Jarang Diketahui

Share it Please
Es Krim atau ice cream adalah dessert makanan yang digemari di semua kalangan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Es lembut dengan aneka rasa ini membuat jatuh hati saat disantap.
www.majalahkuliner.info

Percayakah Anda? Es krim ternyata memiliki sejarah panjang dalam penciptaan dan evolusinya. Oleh sebab itu, tak ayal bila banyak cerita unik seputar es krim. Dikutip dari situs Policymic, berikut beberapa fakta unik yang bisa ditemukan:
1. Sejarah Penemuan Es Krim
Penemuan es krim tidak bisa dipastikan sejarah. Pasalnya, penemuan es krim memiliki beberapa versi. Pertama, ice cream kemungkinan ditemukan pada masa Kaisar Romawi Nero yang hidup di abad 54 atau 68 sebelum Masehi. Kala itu, kaisar meminta anak buahnya untuk pergi ke pegunungan dan mengambil salju. Salju ini kemudian dicampur dengan nektar, buah, dan madu lalu dimakan.
Cerita lainnya mengatakan, ice cream berasal dari daratan Tiongkok tepat pada pada masa dinasti di tahun 618-907. Raja Tang of Shang meminta es dibawa ke istana dan dijadikan hidangan dari susu fermentasi yang dipanaskan (koumiss), tepung, dan kamper. Di Amerika, es krim baru populer pada abad ke-19, seiiring dengan penemuan mesin pembuat es krim. Sebutan ice cream berasal dari para kolonis Amerika, berasal dari fase iced cram.
2. Setiap Warga Amerika Bisa Habiskan Es Krim 20 Liter per Tahun
Rata-rata setiap orang di Inggris makan sembilan liter es krim setiap tahun, tetapi di Amerika bisa sampai dua kali lipat orang mengkonsumsi rata-rata 20 liter per tahun. Ya, di Amerika, ice cream sangat digemari. Di sana masyarakatnya bisa mengonsumsinya rata-rata 20 liter per tahun. Ini setara dengan lima galon susu.
3.  Rasa vanila merupakan es krim paling favorit di dunia
Di antara banyak rasa es krim yang ada, rasa vanila adalah yang paling populer.  Rasa vanila menduduki 20-29 persen dari rasa yang ada, dan selanjutnya adalah rasa coklat. Namun ada salah satu produsen ice cream, yaitu Ben and Jerry, bisa membuat es krim sampai 46 rasa.
4.  Kontroversi Penemu Ice Cream Con
Tahukah Anda, kapan ice cream con diciptakan? Es krim yang menggunakan waffle sebagai tempat es ini bermula pada gelaran World Fair 1904 di St Louis. Sekitar tujuh pihak mengklaim menemukan wafel kerucut untuk ice cream ini. Salah satunya adalah Ernest Hamwi, vendor konsesi Suriah, yang mengubah kue wafel menjadi wadah ice cream.
5.  Kerucut Ice Cream Terbesar di Dunia
Kerucut ice cream terbesar yang pernah ada berukuran tinggi 2,81 meter, dibuat Mirco Della Vecchia dan Andrea Andrighetti dari Italia. Di atasnya ditutup dengan coklat putih hingga 700 kilogram dan dihiasi 2.000 biskuit wafel bulat.
6. Laki-laki Lebih Memilih Es Krim Sebagai Makanan Penutup
Survei menunjukan laki-laki lebih cenderung memilih es krim sebagai makanan penutup dibandingkan wanita.
7.  Diberi Nama Ice Cream Sunday Karena Dulu dijual setiap hari Minggu saja
Es krim sundaes diciptakan karena menjual es krim soda pada hari Minggu di kota Amerika sekitar abad 19. Beberapa pedagang menambahkan sirup diatas es krim dan mereka menyebutnya “Ice Cream Sunday” dan akhirnya mengganti huruf “y” dengan “e”. Es krim sundaes terbesar dibuat sebesar 12 meter.Membutuhkan 4.667 galon es krim dan tujuh ribu topping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

salju

Follow The Author